THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Sabtu, 19 Desember 2009

Tips-tips menjaga Persahabatan

Siapa sich yang tidak ingin punya banyak temen. Semua orang pasti mendamba-dambakan kehadiran seorang temen because without them, we can’t life. Bener gak..? Berikut tips-tips ngejalin persahabatan biar tetep awet, semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca.

1. Jangan bersahabat hanya demi memperoleh kesenangan, karena jika demikian, kamu bukanlah sahabat sejati. Hargailah sahabatmu seperti kamu ingin dihargai. Pikirkanlah apa yang dapat kamu berikan kepada sahabatmu bukan apa yang dapat kamu peroleh dari persahabatan.

2. Dukunglah sahabatmu. Sahabat sejati tidak saling menjatuhkan tetapi selalu saling menyemangati dan ‘mendorong’ supaya mereka bersama-sama dapat menjadi yang terbaik. Sahabat sejati turut berbahagia ketika sahabatnya berhasil mencapai apa yang diinginkannya dan tidak merasa tersaingi.

3. Maafkan kesalahan yang diperbuat oleh sahabatmu dan jangan biarkan luka itu merusak hubunganmu. Jangan biarkan ‘luka’ berkembang menjadi kepahitan karena hal ini akan menghancurkan persahabatan yang ada.

4. Jangan tinggalkan sahabatmu saat dia berbuat kesalahan. Bersabarlah dan tuntunlah dia untuk berubah. Sadarilah bahwa tidak ada orang yang sempurna. Jangan memandang kesalahan yang dibuatnya Ini adalah suatu cara untuk menunjukkan betapa kita peduli terhadap dia.

5. Jadilah sahabat yang dapat diandalkan dan tepatilah janji yang telah diucapkan.

6. Jangan mencoba untuk mengontrol sahabatmu. Bersahabat bukan berarti harus selalu bersama-sama. Memang akan sangat menyenangkan bila dapat selalu bersama dengan orang yang kita kasihi. Untuk itu jangan merasa dikhianati ketika temanmu bergaul dengan yang lain, sebaliknya usahakan kamu juga dapat berteman dengan mereka. Hal ini akan membuat kita dan sahabat kita lebih menghargai satu sama lain.

7. Selalu ada disaat senang maupun susah Bergembiralah bersama mereka saat mereka sedang bergembira.

8. Beri mereka perhatian, Ketika sahabatmu sedang kesal akan sesuatu. Yang paling dibutuhkan dari seorang sahabat adalah sepasang telinga yang simpatik dan yang mau memahami perasaan mereka.

9. Menerima apa adanya sahabatmu Jangan menuntut sahabat kita untuk bereaksi dengan cara yang sama seperti yang biasa kita lakukan. Hargailah dia apa adanya termasuk juga keputusan yang dia ambil yang mungkin tidak sesuai dengan kehendak kita.

10. Jangan mengumbar-ngumbar rahasia. Belajarlah untuk menjaga rahasia sahabatmu.

11. Jangan biarkan perbedaan pendapat menghancurkan persahabatanmu. Lepaskan hasrat untuk menang sendiri daripada persahabatanmu rusak.

sebenarnya masih banyak lagi tapi aku cuma bisa tulis ni. Intinya dalam persahabatan, kita harusr selalu ada dan menemani sahabat dalam keadaan sedih maupun senang dan yang pastinya Ikhlas.

0 komentar: